Sunday, September 20, 2015

Kimia - Macam-macam Evaporator

Hai sobat? kalian lagi bingung cari tugas tentang evaporasi? pasti bingung, karena dulu aku juga bingung. hehehe. Untuk kalian anak SMK jurusan Kimia industri pasti tidak asing dengan istilah-istilah ini. oke, langsung aja aku kasih kalian tentang macam-macam Evaporator.

1. Pan Evaporasi
Cara kerja :
Bentuk evaporator yang paling sederhana adalah bejana/ketel terbuka dimana larutan didihkan. Sebagai pemanas biasanya steam yang mengembun dalam selubung (jaket) atau dalam pipa spiral yang dicelupkan. Kadang-kadang ketel dipanasi api langsung. Pengaduk dapat ditempatkan didalamnya. Evaporator ini murah dan operasinya sederhana.





2. Horizontal Tube Evaporator
Cara Kerja :
Feed masuk (diluar pipa),baru kemudian steam (didalam pipa)didalam pipa atau tube terjadi perpindahan panas karena adanya pemanasan,sehingga liquid yang diluarnya mendidih dan uap yang terjadi mengalir keatas, kemudian liquidnya menjadi pekat,lalu dikeluarkan melalui lubang  bagian dasar evaporatorsedangkan, kondensat dikeluarkan melalui lubang yang sudah disediakandemikian juga gas non kondensat dikeluarkan melalui vent.



3. Vertikal Tube Evaporator
Cara Kerja :
            Feed masuk evaporator kemudian masuk tube melalui bawah (tinggi cairan hampir sama dengan tinggi tube) steam masuk ke pembungkus tube (dirongga steam). Jadi cairan berada didalam tube sedangkan steam berada diluarnya, cairan akan mendidih didalam tube. Cairan yang sudah pekat keluar disalurkan melalui down take dan dikeluarkan dari bawah evaporator, sedangkan kondensat, vapol, dan non kondensat gas keluar dari tempat yang sudah disediakan. Luas down take 75-100% dari luas gabungan seluruh tube.


4. Falling Film Evaporator
Cara Kerja
            zat cair masuk dari atas, lalu mengalir ke bawah didalam tabung panas itu dalam bentuk film, kemudian keluar dari bawah. Tabung-tabungnya biasanya agak besar, diameternya antara 2 sampai 10in. Uap yang keluar dari zat cair itu biasanya terbawa turun bersama zatcair, dan keluar dari bawah unit itu. Evaporator ini bentuknya menyerupaisuatu penukar kalor jenis tabung, yang panjang, vertikal, dan dilengkapidengan separator zat cair-uap di bawah, dan distributor (penyebar) zat cair di atas.

5. Agitated film evaporator
Cara Kerja :
            Umpan masuk dari puncak bagian bermantel dan disebarkan menjadi film tipis yang sangat turbulen dengan bantuanmn daun-daun vertikal agitator (pengaduk) itu.





0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | hostgator reviews