Tuesday, January 26, 2016

Event - Lomba Menulis Puisi dan Cerpen (GRATIS) Tema: “Sahabat Istimewa”

Manusia terlahir ke dunia dengan berbagai potensi, bakat, minat, kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semua diciptakan untuk saling berbagi dan saling melengkapi, karena begitulah kodrat penciptaan manusia yang tidak ada suatu hal pun yang sia-sia. “Rabbana ma khalaqta hadza bathila,” demikian firman Tuhan dalam al-Qur’an.
Pun demikian, dalam menjalani kehidupan ini, tentunya kita tidak bisa hidup sendiri, kita butuh teman, butuh sahabat untuk saling berbagi, saling mengisi, saling curhat dan saling menasehati. Pokoknya, sebagai makhluk sosial, kita butuh itu semua. Di antara sekian teman atau sahabat yang kita punya, pasti ada satu atau dua orang yang begitu spesial, begitu mengesankan dan, terkadang.... tidak jarang yang kemudian dijadikan tambatan hati, pelipur lara cie...cie... (ada yang ngerasa niech....hehehehehe....) Nach, lo...
Sahabat Gema...
Itu semua tidak salah koq, karena Allah, Tuhan Yang Kuasa memang telah memberikan anugerah terindah untuk masing-masing individu. Bahkan sabda Nabi, di surga kelak, kita akan dikumpulkan bersama orang-orang terkasih dan sahabat terindah, anta ma’a man ahbabta fi al jannah. Tinggal bagaimana kita menyikapinya agar sahabat spesial itu menjadi motivasi kita semakin bersyukur, semakin menjadi pribadi yang lebih baik, lebih berprestasi dan yang paling penting lebih dekat dengan Tuhan dan orang tua.
Di event ini, Penerbit GemaMedia mengajak sahabat semua untuk berbagi cerita, berbagi kisah dalam wujud lomba penulisan cerpen dan puisi Nasional dengan tema “Sahabat Spesial.” Karya inspiratif ini diharapkan dapat semakin membangkitkan inspirasi dan motivasi untuk diri sendiri maupun orang lain. Jadi tunggu apa lagi? Mari goreskan pena dengan sepenuh hati dan mulailah untuk berbagi.
Yuks disimak ketentuannya....
Ketentuan-Ketentuan
1. Ketentuan Umum Peserta
a) Berteman dengan facebook GemaMedia Wonosobo (https://www.facebook.com/profile.ph...)
b) Naskah cerpen dan puisi diutamakan merupakan flash true story (kisah nyata), boleh pengalaman pribadi maupun orang lain.
c) Ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, tidak mengandung unsur pornografi, SARA dan kekerasan.
d) Naskah harus karya asli bukan jiplakan (plagiat) atau saduran, dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba lain.
e) Memiliki akun facebook dan memposting info lomba ini di FB masing-masing dengan menandai (men-tag) minimal 15 orang teman, termasuk akun GemaMedia Wonosobo.

2. Ketentuan naskah Cerpen:
a) Naskah diketik di kertas kwarto (A4) dengan jarak spasi 1,5. font TNR (Times New Roman) 12 pt, margin 3;3;3;3 atau 1,18 inchi. Panjang naskah 2-4 halaman.
b) Pada bagian akhir naskah, cantumkan foto diri dan biodata (maksimal 50 kata), meliputi nama, nama Fb, alamat email, No. HP, serta karya yang sudah pernah diterbitkan (jika ada).
c) Naskah dikirim dalam bentuk lampiran (attachment) ke email: rohnieda_kalm@yahoo.co.id dengan format Cerpen_Judul Tulisan_Nama Penulis.

3. Ketentuan Lomba Penulisan Puisi
a) Naskah diketik di kertas kwarto (A4) dengan jarak spasi 1,5. font TNR (Times New Roman) 12 pt, margin 3;3;3;3; atau 1,18 inchi. Panjang naskah 1halaman.
b) Pada bagian akhir naskah, cantumkan foto diri dan biodata (maksimal 50 kata), meliputi nama, nama Fb, alamat email, No. HP, serta karya yang sudah pernah diterbitkan (jika ada).
c) Naskah dikirim dalam bentuk lampiran (attachment) ke email: rohnieda_kalm@yahoo.co.id dengan format Puisi_Judul Tulisan_Nama Penulis.

4. Keterangan Tambahan:
a) Lomba ini tidak dipungut biaya administrasi apapun (gratis)
b) Peserta lomba cerpen boleh mengikuti lomba penulisan puisi, begitu juga sebaliknya.
c) Setiap pesera hanya diperbolehkan mengirimkan satu naskah.
d) Naskah dinilai dari segi kerapian, ketepatan EYD, gaya bahasa/pemilihan diksi, dan kedalaman pesan
e) Pemenang, Insya Allah akan diumumkan paling lambat 2 minggu setelah DL. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
f) 50 naskah terbaik akan dibukukan secara indie dalam bentuk antologi cerpen dan antologi puisi.
g) Juara 1-3 akan mendapatkan bukti terbit secara gratis dan paket penerbitan di GemaMedia Wonosobo sebesar Rp. 125.000 (juara I), Rp. 100.000 (juara II), dan Rp. 75.000 (juara III) serta diskon 10 % untuk setiap pembelian bukunya.
h) Seluruh kontributor berhak mendapatkan e-sertifikat, voucher penerbitan sebesar Rp. 50.000, dan diskon 10 % untuk setiap pembelian bukunya.

Salam Literasi
Penerbit GemaMedia

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | hostgator reviews