Friday, January 1, 2016

Artikel Religi dan Motivasi - Mengendalikan Emosi

Yuk Bersama Mengendalikan Emosi?
                           

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hai sobat? Pernahkah kalian emosi? Pernahkah kalian mengeluh atau bahkan mengumpat-ngumpat karena sudah tidak bisa mengendalikan emosi lagi?
Hai sobat? Emosi dan perasaan akan bergejolak dikarenakan 2 hal, yaitu mendapatkan kegembiraan yang banyak dan musibah yang sangat berat.
Bisakah kalian mengendalikan emosi kalian? Bisakah kalian mengendalikan perasaan kalian?
Tahukah kalian sobat radar? Barangsiapa yang mampu menguasai perasaannya dalam setiap peristiwa, baik yang menyedihkan maupun yang menggembirakan, maka dialah orang yang sejatinya memiliki kekukuhan iman dan keteguhan keyakinan. Karena itulah, ia akan memperoleh kebahagiaan dan kenikmatan dikarenakan keberhasilannya mengalahkan nafsu.
Tahukah kalian sobat radar? Emosi yang tak terkendali hanya akan melelahkan, menyakitkan, dan meresahkan diri sendiri. Karena ketika kita marah, maka kemarahan kita akan meluap dan sulit dikendalikan. Dan akan membuat seluruh tubuh kita bergetar, mudah memaki siapa saja, sampai seluruh isi hati kita tertumpah, nafas kita tersengal-sengal dan kita akan cenderung bertindak sesuai kehendak nafsu kita. Begitu juga ketika kita mengalami kebahagiaan. Kita menikmatinya secara berlebihan, mudah lupa diri dan tidak ingat lagi siapa diri kita.
Begitulah manusia. Ketika tidak menyukai seseorang, kita akan terus menghina dan mencelanya. Sehingga kebaikan orang yang tidak kita sukai tersebut akan hilang begitu saja. Begitu juga sebaliknya. Ketika menyukai seseorang, orang itu akan kita terus puja-puja seakan ia tak memiliki cacat sedikitpun.
Karena itu, kita sebagai orang beriman haruslah bisa mengendalikan emosinya. Ketika kita tersakiti orang lain, ingatlah semua kebaikannya. Ingatlah saat ia membuat kalian bahagia dan tertawa. Niscaya, kalian akan memaafkannya sebelum ia meminta maaf kepada kalian. Dengan begitu, kalian bisa mengendalikan emosi kalian. Begitu pula sebalikanya, ketika kita sebal kepada seseorang, janganlah kita marah atau memakinya. Kendalikan emosi kalian. Tarik nafas yang dalam-dalam. Kemudian tersenyumlah kalian. Lupakan apa yang membuat kalian marah. Dan bersabarlah kalian, karena dengan bersabar kita bisa mengendalikan amarah kita.
Rosulullah SAW bersabda “sesungguhnya kesabaran itu ada pada benturan yang pertama.” Jadi, begitu kalian ingin marah kepada seseorang, tahanlah emosi kalian dan bersabarlah. Kemudian segeralah berwudhu. Karena amarah adalah bara api. Dan api hanya bisa dipadamkan oleh air.
Begitulah sobat. Semoga kita termasuk orang-orang yang bisa mengendalikan emosinya… J

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | hostgator reviews